Inovasi K/L

Kemitraan Indonesia Australia untuk Infrastruktur (KIAT)

TENTANG KIAT

KIAT adalah kemitraan antara pemerintah Australia dan Indonesia untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif melalui peningkatan akses terhadap infrastruktur untuk semua orang.

KIAT bekerja sama dengan pemerintah dan masyarakat, menyediakan bantuan teknis untuk meningkatkan kebijakan, perencanaan dan penyediaan infrastruktur. KIAT juga berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas pengeluaran dan perencanaan infrastruktur.

Sebagai fasilitas bantuan teknis yang fleksibel dan responsif, KIAT memberikan layanan konsultasi jangka pendek untuk menanggapi kebutuhan segera/darurat serta dukungan jangka panjang untuk melaksanakan program kerja yang lebih besar.

Penyediaan infrastruktur yang lebih baik untuk semua

Latar Belakang

Pertumbuhan ekonomi di Indonesia tetap kuat karena didukung oleh kepercayaan konsumen dan pertumbuhan pendapatan riil yang meningkatkan konsumsi swasta, serta komitmen pemerintah terhadap investasi infrastruktur inklusif.

Pada tahun 2015, Pemerintah Indonesia mengeluarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN 2015-2019), yang mendukung visi jangka panjang negara untuk meningkatkan daya saing dan memperkuat perekonomian nasional. Infrastruktur diidentifikasi sebagai komponen utama yang mendorong pertumbuhan perekonomian dalam RPJMN.

Prioritas infrastruktur pemerintah termasuk memperbaiki infrastruktur jalan, mengurangi kemacetan di area perkotaan, memperluas konektivitas antarpulau dan pembangunan pelabuhan, meningkatkan layanan air dan sanitasi serta mengatasi defisit pembangkitan energi. Pemerintah berupaya meningkatkan belanja infrastruktur dari tingkat yang sekarang menjadi setara dengan ekonomi-ekonomi kuat Asia lainnya.

Dukungan KIAT

KIAT memberikan dukungan teknis dan layanan konsultasi di berbagai bidang termasuk transportasi, air dan sanitasi serta pembiayaan infrastruktur. Dukungan KIAT juga terusdikembangkan di bidang mobilitas area perkotaan, pengelolaan limbah padat dan energi terbarukan.

Dalam mendukung Pemerintah, fokus utama KIAT adalah peningkatan penyediaan layanan infrastruktur di daerah perkotaan dan daerah penyangga, termasuk konektivitas antarpusat populasi perkotaan. Fokus khusus diberikan pada seleksi terhadap semua usulan investasi terkait potensi kontribusinya terhadap kesetaraan gender dan inklusi sosial.

Kelompok kegiatan KIAT

Portofolio KIAT terstruktur berdasarkan Kelompok Kegiatan di sektor air, sanitasi dan transportasi. Seiring dengan terbentuknya kemitraan-kemitraan baru dan berkembangnya portfolio, Kelompok Kegiatan ini juga akan bertambah.

Pasokan air perkotaan

Untuk membantu menguatkan layanan dan akses air, KIAT bekerjasama dengan pemerintah pusat dan perusahaan air minum untuk mengembangkan hibah insentif yang diberikan berdasarkan adanya perbaikan layanan dan akses air.

Sanitasi perkotaan

Untuk mendukung perluasan layanan sanitasi perkotaan, KIAT dan pemerintah mengembangkan dan memperkuat sistem pembuangan limbah publik. Termasuk dalam kelompok kegiatan ini adalah Proyek Sanitasi Kota Palembang yang mengembangkan jaringan dan instalasi pengolahan air limbah serta program peningkatan kualitas sarana sanitasi.

Pengelolaan limbah padat perkotaan

Cakupan kerja KIAT dalam pengelolaan limbah padat perkotaan adalah menggali potensi kerjasama dengan pemerintah. Hal ini termasuk identifikasi proyek pengelolaan limbah padat dan penyiapan proyek untuk mendapat dukungan pembiayaan dari bank dan sektor swasta.

Pembangunan jaringan jalan

Jaringan jalan Indonesia yang berkembang pesat harus terus dikembangkan untuk memenuhi permintaan seiring pertumbuhan ekonomi. KIAT dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat meningkatkan kualitas perencanaan jalan dan membangun target kinerja jaringan jangka panjang untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan ini.

Pengelolaan jaringan jalan

Mengelola jaringan jalan nasional, provinsi dan kabupaten di Indonesia adalah sebuah tantangan. KIAT dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat meningkatkan pengelolaan aset demi efisiensi. Hal ini mencakup rintisan hibah berbasis output untuk memberi insentif pada pemeliharaan jalan provinsi yang saat ini tengah dikembangkan pemerintah di provinsi-provinsi lain.

Mobilitas perkotaan

Kota-kota di Indonesia mengalami kemacetan lalu lintas kronis yang mengakibatkan polusi tingkat tinggi, degradasi kualitas hidup dan hilangnya produktivitas. KIAT mengidentifikasi peluang-peluang dengan kota-kota terpilih untuk memperbaiki tata kota transportasi perkotaan dan mobilitas perkotaan untuk meningkatkan potensi pembiayaan dari bank dan swasta.

Pembiayaan infrastruktur

KIAT membantu identifikasi peluang kerjasama dengan sektor swasta dalam pembiayaan dan pelaksanaan infrastruktur di Indonesia. Hal ini termasuk kolaborasi dengan pemerintah pusat dan lokal untuk penyiapan rencana bisnis.

Kesetaraan Gender dan Inklusi Sosial dan Pelibatan Masyarakat Sipil

Proyek infrastruktur sering hanya fokus pada isu-isu teknis, berasumsi laki-laki dan perempuan mendapat manfaat setara sehingga mengabaikan bagaimana infrastruktur dapat diakses oleh kelompok disabilitas dan rentan lainnya. KIAT, pemerintah dan masyarakat sipil memperkuat dialog mengenai isu-isu gender dan inklusi sosial untuk memastikan infrastruktur memenuhi kebutuhan semua orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *